5 Hewan Terpanjang di Dunia, Ternyata Juaranya Bukan Paus Biru!

Coba tebak paus biru ada di urutan ke berapa?

Tahukah kamu hewan apa yang terpanjang di dunia ini? Mungkin kamu sudah tahu bahwa paus biru adalah hewan terbesar di dunia, tapi apakah mereka juga adalah yang terpanjang? Nah, untuk tahu jawabannya, berikut ini ulasan tentang 5 hewan terpanjang di dunia, dimulai dari urutan kelima hingga yang pertama.

5. Cumi-cumi raksasa (13 meter)

Cumi-cumi raksasa (Architeuthis dux) adalah spesies cumi laut dalam yang berukuran sangat besar. Laman Smithsonian Institute menyebut bahwa spesimen terbesar yang pernah ditemukan dan diukur oleh ilmuwan berukuran panjang 13 meter mulai dari kepala hingga ujung tentakelnya. Wow!

Tapi besar kemungkinan cumi-cumi ini bisa mencapai ukuran jauh lebih besar dari itu. Selain melalui pengukuran langsung, ilmuwan juga bisa memperkirakan ukuran mereka dari paruh mereka yang ditemukan di dalam perut paus sperma. Ilmuwan pernah menemukan paruh yang diperkirakan dimiliki cumi-cumi berukuran panjang 20 meter!

Namun ukuran tersebut hanya perkiraan, dan belum pernah benar-benar ditemukan spesimen cumi-cumi dengan ukuran tersebut. Karena hidup di kedalaman samudera, cumi-cumi ini memang sulit dipelajari. Tapi bukan mustahil suatu saat akan ditemukan cumi-cumi raksasa dengan ukuran yang bahkan lebih besar lagi.

4. Cumi-cumi kolosal (14 meter)

Cumi-cumi kolosal (Mesonychoteuthis hamiltoni) berbeda dengan cumi-cumi raksasa, tapi mereka memiliki ukuran yang gak kalah besar. Laman Oceana menyebut bahwa ukuran mereka mencapai 14 meter, dan beratnya sekitar setengah ton.

Namun sama seperti cumi-cumi raksasa, cumi-cumi kolosal juga sulit dipelajari karena hidup di laut dalam. Maka bukan mustahil mereka bisa tumbuh hingga lebih besar daripada itu. Dan sama seperti cumi-cumi raksasa pula, cumi-cumi kolosal adalah mangsa dari paus sperma.

3. Paus biru (33,58 meter)

Nah, apakah kamu terkejut melihat nama paus biru di sini? Yap, si hewan terbesar di dunia ini ternyata hanya duduk di urutan ke-3 hewan terpanjang di dunia. Dilansir dari laman Whales, ukuran paus biru terbesar yang pernah diukur adalah 33,58 meter dan bobot 190 ton.

Kombinasi panjang dan bobotnya itulah yang membuat paus biru dinyatakan sebagai hewan terbesar di dunia, tidak hanya saat ini tapi juga sepanjang masa. Namun demikian mereka sebenarnya bukan yang terpanjang. Dua hewan berikut ini ternyata punya ukuran lebih panjang dari mereka.

2. Ubur-ubur surai singa (36,5 meter)

Ubur-ubur surai singa (Cyanea capillata) mendapatkan namanya karena tentakelnya yang lebat dan berbentuk seperti rambut. Mereka adalah ubur-ubur terbesar di dunia. Laman Oceana menyebut bahwa ukuran medusa alias kepalanya sebenarnya hanya mencapai 2 meter, tapi jika diukur hingga ujung tentakelnya, panjang mereka bisa mencapai 36,5 meter!

Selain besar dan panjang, ubur-ubur ini juga punya sengat yang bisa menyakitkan bagi manusia. Mereka menggunakan sengatnya itu untuk menangkap mangsa seperti ikan, udang, bahkan ubur-ubur lain. Ubur-ubur ini tidak punya predator, dan jumlah mereka justru dikabarkan terus bertambah.

1. Cacing tali sepatu (55 meter)

Inilah hewan yang tercatat di Guinness Book of World Records sebagai hewan terpanjang di dunia. Cacing tali sepatu (Lineus longissimus) adalah sejenis cacing yang hidup di dasar laut. Mereka hidup di perairan di kawasan Laut Utara.

Seperti cacing pada umumnya, tentu saja cacing tali sepatu sangat langsing. Lebarnya hanya sekitar 10 cm, tapi panjangnya luar biasa. Satu spesimen yang ditemukan tahun 1864 memiliki ukuran 55 meter! Dan bukan mustahil, cacing ini bisa tumbuh hingga lebih panjang lagi dari itu.

Itulah lima hewan dengan ukuran terpanjang di dunia. Semua hewan tersebut hidup di laut, dan karena laut di dunia belum terjelajahi sepenuhnya, bukan mustahil suatu saat akan ditemukan rekor hewan yang lebih panjang lagi dari mereka semua. Kalau sungguh ada, pasti sangat menakjubkan ya!