Bak Superhero, Gadis Cilik Ini Miliki Lengan Bionik ‘Iron Man’

anehbeda – Seorang gadis cilik cantik bernama Hollie Lownds terlahir tanpa tangan kanan. Sungguh suatu momen yang sangat berharga dan bersejarah baginya, saat usia 11 tahun dirinya mendapatkan lengan bionik pertamanya.

Disiplin ilmu bionik sendiri ialah salah satu cabang dari ilmu robotika yang mengganti struktur anatomik atau proses fisiologi dengan komponen elektronik atau mekanik. Meskipun hanya lengan bionik, namun Holiie sangat bahagia mendapatkannya.

Lengan bertema ‘Iron Man’ ini dipasangkan pada Hollie, lengan ini bernilai 5.000 Poundsterling (setara Rp90 juta), pada bulan September lalu. Tangan bionik ini sendiri membuat Hollie mampu malakukan aktivitas yang selama ini tidka bisa dilakukannya seperti merapihkan rambutnya, makan dengan pisau dan garpu hingga naik sepeda untuk pertama kalinya.

Melansir laman Daily Mail, ketika ibunya tengah mengandung Hollie, kedua orang tuanya mendapatkan kabar bahwa anak yang sedang berada di kandungan akan terlahir dengan kondisi tangan kanan yang cacat. Tidak diketahui apa penyebab tangan cacat yang dimiliki Hollie, hingga dokter pun tidak mengetahui penyebabnya.

Semenjak Hollie lahir, dirinya selalu memanfaatkan tangan cacatnya itu untuk melakukan segala aktivitas harian. Sejak lahir, dia belum pernah memiliki lengan palsu dan selalu menggunakan sendi sikunya untuk melakukan berbagai hal seperti membuka pintu. Hollie pun mengaku sangat bahagia, ketika memiliki lengan bionik bak Ironman.

“Saya tidak bisa berkata-kata, saya tidak punya kata-kata. Saya sangat senang dan akhirnya merasa lengkap. Itu bagian diriku yang hilang dan sekarang akhirnya aku mengerti,” ujar Hollie seperti dilansir Daily Mail.

Ayah Hollie, Lownds mengungkapkan bahwa puterinya merasa sangat senang dan terharu saat mendapatkan lengan yang kini telah melengkapi hidupnya itu. Dan pada akhirnya dirinya mampu melakukan aktivitas yang selama ini tidak bisa dilakukannya.

“Dia agak berlinang air mata ketika pertama kali mendapatkannya, itu adalah momen yang luar biasa, itu membuatnya lengkap. Tangan barunya melengkapi dia dan sungguh luar biasa melihat Hollie menjadi dirinya sendiri dan berkembang. Itu akan memberinya lebih banyak kebebasan. Dari makan dengan pisau dan garpu hingga bisa menggunakan tali lompat atau mengikat tali sepatunya, itu akan membuat Anda bisa melakukan lebih banyak lagi,” kata Lownds.

“Saya pikir dalam banyak hal tangan baru telah membiarkannya menjadi dirinya sendiri dan melakukan hal-hal kecil yang tidak dapat dia lakukan sebelumnya seperti menyikat gigi, mengendarai sepeda dan menyisir rambutnya,” sambungnya.

Walaupun Lownds mengaku jika puteri cantiknya itu sudah terbiasa hidup tanpa lengan, namun ada saja orang bahkan temannya di sekolah yang suka mengejeknya.

“Ke mana pun kami pergi, orang-orang akan menatap tangannya. Hollie akan mengatakan itu hanya sesuatu yang dilahirkan sejak lahir. Di sekolah dasar ada sebuah insiden di mana dia dipilih oleh seorang anak laki-laki karena dia menonjol. Anak-anak mengatakan sesuatu tanpa sadar itu menyakitkan,” katanya.

Karena alasan-alasan itu lah Lownds merasa ergerak hatinya untuk mempersiapkan lengan baru untuk puterinya itu, lengan ‘Superhero’ itu berisikan elektroda yang mampu mendeteksi sinyal listrik kecil dari otot si pengguna. Sinyal inilah yang akan mengaktifkan gerakan, yang mana membuat Hollie dapat mengerjakan sesuatu dengan tangan bioniknya itu.