Bukan Hiu atau Piranha, Ini Ikan Paling Berbahaya di Dunia

anehbeda – Apa yang terlintas di benakmu ketika ditanya tentang hewan air apa yang paling berbahaya di dunia? hiu atau piranha mungkin? sepertinya kamu akan berfikir ulang setelah tahu fakta berikut ini.

Tepatnya di sungai Amazon, sungai yang melintasi beberapa negara di Amerika Latin seperti Bolivia, Brasil, Kolombia, Ekuador, dan Peru. Di sungai ini terdapat salah satu ikan yang dinilai paling berbahaya di dunia, ikan ini bernama Candiru.

Jenis ikan ini memiliki nama latin Vandellia Cirrhosa, ikan ini disebut masyarakat lokal setempat sebagai ikan vampir. Pasalnya ikan ini begitu menyukai darah, uniknya ikan ini tidak memiliki bentuk yang mengerikan. Ikan ini memiliki badan yang ramping dengan ukuran yang bervariasi dengan kisaran panjang 5-20 cm, paling panjang bisa mencapai 40 cm. Banyak juga yang menyebutnya sebagai ikan tusuk gigi.

Keberadaan ikan ini telah menjadi momok yang begitu menakutkan bagi masyarakat setempat sejak berabad-abad silam, barulah pada abad ke-19 ikan ini mencuri perhatian para peneliti sains.

Banyak masyarakat yang menuturkan kengerian ikan ini, ikan Candiru diceritakan dapat masuk ke dalam alat kelamin pria dan wanita (walaupun kebanyakan pria) dikarenakan ukurannya yang begitu kecil. Di saat ada orang mandi di sungai Amazon, barulah ikan ini melancarkan ‘aksi’ nya, ikan ini akan masuk ke dalam alat kelamin si korban lalu memakan dagingnya dari dalam.

Kengerian cerita ikan Candiru masih dipercayai hingga saat ini, para peneliti pun telah melakukan penelitian. Eugene Willis Gudger dari American Journal of Surgery melakukan penelitian tentang ikan candiru pertama kali, di tahun 1930. Diketahui, ikan candiru bagaikan parasit.

Berdasarkan laporan Eugene Willis Gudger, ikan Candiru juga dapat menyerang ikan lain dengan cara masuk ke bagian insang. Kemudian dari dalamnya, ikan ini akan memakan daging dan darahnya hingga ikan lawannya itu mati.