Ini yang Membuat Sapi Jantan Pecahkan Rekor Dunia

Ini yang Membuat Sapi Jantan Pecahkan Rekor Dunia

Ini yang Membuat Sapi Jantan Pecahkan Rekor Dunia

anehbeda.com – Seekor Texas Longhorn masuk catatan Guinness World Record karena tanduknya yang panjang. Hewan berumur enam tahun yang diberinama Poncho Via itu memiliki tanduk yang panjangnya 10 kaki, 7,4 inci atau lebih dari dua kali lebar grand piano konser.

Poncho dibesarkan keluarga Pope di sebuah pertanian kota kecil di Goodwater, Alabama. Jeral Pope Sr pertama kali melihat POnco dalam sebuah perjalanan pada tahun 2013. Saat melihat sapi longhorn itu, dia tertarik untuk membelinya.

Pope membeli Ponco yang saat itu masih berumur enam bulan. Pada 3 Oktober nanti, Ponco akan genap berusia 7 tahun. Nama Poncho Via diambil dari drama Pancho Villa, revolusioner Meksiko yang terkenal.

Dalam perkembangannya tanduk Ponco terus tumbuh lurus dan mamanjang. Sejak saat itu keluarga Pope terus memantau perkembangan tanduk Ponco dan menunggu waktu untuk memecahkan rekor dunia. Ponco harus bersaing dengan sapi jantan lainnya yang umurnya lebih tua.

“Semua berusia 9, 12-15 tahun ketika diukur untuk rekor dunia dan Poncho jauh lebih muda dari itu,” ungkap Dennis Pope, putra Pope Sr dilansir NPR.

“Tidak ada yang tahu seberapa panjang dia akan tumbuh,” tambahnya.

Namun, meski tanduknya terus bertambah panjang, Poncho sempat tidak memenuhi catatan rekor sampai sebelum akhirnya Guinness memverifikasinya tahun ini.

“Saya mengukurnya pada bulan April dan dia tidak di atas rekor dunia, panjang tanduknya tumbuh setengah inci dari April hingga Mei,” katanya.

Menurut Texas Longhorn Journal, bertambah panjangnya tanduk longhorn seiring dengan bertambahnya berat badan. Pertumbuhan tanduk terjadi dengan cepat pada tahun-tahun awal kemudian turun seiring bertambahnya usia.