Kamu Harus Tahu, Ternyata Inilah Proses Pembuangan Limbah Toilet Pesawat

anehbeda – Di dalam setiap pesawat pasti memiliki toilet, namun pernahkah kamu bertanya-tanya kemana kotoran yang ada di toilet pesawat dibuang?

Perlu kamu ketahui bahwa kotoran yang ada di pesawat itu tidak dibuang begitu saja, apalagi dibuang diudara ketika pesawat itu terbang. Melainkan kotoran itu akan disimpan terlebih dahulu di dalam sebuah tabung yang khusus untuk menyimpan limbah toilet selama penerbangan.

Apakah kamu penasaran seperti apa proses penanganan limbahnya? Berikut ini arah.com sajikan proses penanganan limbah toilet pesawat yang dikutip dari laman Smithsonian Channel.

1. Dahulu, sistem pembuangan kotoran toilet di pesawat biasanya menggunakan galon berisi cairan sanitasi berwarna biru untuk menampung kotoran para penumpang. Namun ternyata sistem ini seringkali bocor sehingga menjadi ‘malapetaka’ di dalam pesawat.

 

2. Sekarang, pesawat komersil modern telah menggunakan sistem sanitasi toilet yang mampu mencapai 1.000 siraman toilet ssetiap kali terbang.Lebih dari itu, pesawat modern kini telah dilapisi teflon dan alat hisap bertenaga besar.

3. Selanjutnya, kotoran akan disalurkan ke daalam sebuah tabung atau tanki di bagaian belakang pesawat.

4. Ketika pesawat telah mendarat di bandara, barulah ada truk khususs yang digunakan sebagai penampung 800 galon limbah toilet pesawat.

5. Tahapan selanjutnya, petugas akan memasangkan selang yang akan menyedot 800 galon limbah tadi hanya dalam waktu 10 menit saja. Setelah itu, barulah limbaah tersebut dibuang ke tempat yang semestinya.