Keren! Jalanan di Jepang Ini Bisa Bernyanyi Jika Dilalui Kendaraan

Keren! Jalanan di Jepang Ini Bisa Bernyanyi Jika Dilalui Kendaraan

Keren! Jalanan di Jepang Ini Bisa Bernyanyi Jika Dilalui Kendaraan

anehbeda – Negara yang satu ini memang kerap hadir dengan teknologi yang luar biasa, Jepang selalu mempunyai inovasi teknologi yang banyak membuat orang kagum.

Kali ini, teknologi di Jepang yang membuat masyarakat luas kagum adalah jalanan bernama Melody Road, dari namanya saja kita bisa tahu bahwa jalanan ini dapat membuat suatu melodi atau irama seakan sedang bernyanyi ketika dilalui oleh kendaraan yang melintas.

Jalanan yang menggunakan teknologi Melody Road ini terletak di beberapa tempat di Jepang, diantaranya yaitu Hokkaido dan Wakayama. Proyek itu sendiri dibuat pada tahun 2007 oleh Hokkaido National Industrial Research Institute berdasarkan ide dari Shizuo Shinoda.

Sang pemilik ide, Shizuo Shinoda menggunakan teknik resonansi sonik dengan cara yang unik. Jadi, Shizuo membuat setiap alur jalan memiliki jarak yang berbeda-beda agar bisa mengeluarkan jenis melodi yang berbeda pula.

 

View this post on Instagram

 

Biar tempo musiknya stabil, kamu harus berjalan konstan di kecepatan 50 km/jam 🤗 . . Tag teman & pasangan mu@

A post shared by OMG INFO ID (@omg.info.id) on

Teknologi pembuatan melodi ini memanfaatkan gesekan setiap kendaraan yang melintasinya, semakin cepat kendaraan yang melintasinya, semakin cepat pula irama yang dihasilkan, begitu juga sebaliknya. Lebih dari itu, agar para pengemudi dapat mengetahui titik-titik pembuatan nada, jalanan itu di warnai sedemikian rupa menggunakan tanda nada balok berwarna.

Berdasarkan penuturan Shizuo, konsep jalanan yang bernyanyi ini dapat membantu mengurangi rasio kecelakaan, karena dengan timbulnya nada, maka rasa kantuk pengemudi akan hilang. Jadi, jalanan ini sebenarnya memiliki tujuan agar para pengemudi selalu terjaga saat mereka berkendara.

Ternyata konsep jalanan yang bernyanyi ini tidak hanya ada di Jepang, namun juga tersebar di berbagai negara seperti Denmark, Amerika, Meksiko dan juga Korea Selatan.