Tak Disangka, Ternyata Ini Sosok Pencipta Gulali Kapas

anehbeda  – Bagi pecinta makanan manis seperti permen pasti tak asing lagi mendengar kata ‘gulali’ kapas atau permen kapas. Camilan ini merupakan salah satu makanan yang sangat diburu anak-anak kecil berusia 5-10 tahun.

Warga Indonesia mungkin mengenalnya dengan sebutan arum manis, sementara dalam bahasa inggrisnya disebut Cotton Candy. Makanan ini biasanya dapat ditemukan di tempat-tempat hiburan anak-anak seperti pasar malam dan taman.

Lalu, tahukah kalian siapa sebenarnya penemu dari gulali kapas? Penemunya adalah seorang laki-laki yang berprofesi sebagai dokter gigi, nama dari penemu gulali kapas ini adalah William James Morrison yang bertempat tinggal di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat.

William juga pernah berprofesi sebagai Presiden Asosiasi Dokte Gigi Tennese. Uniknya, William ternyata juga pencinta makanan-makanan manis, padahal dia sendiri adalah dokter gigi yang selalu mengingatkan untuk jangan terlalu sering mengkonsumsi permen atau makanan manis.

Sejak dahulu, William memang suka mempelajari teknologi kuliner, sehingga ia berpikir untuk membuat suatu proyek kuliner bersama temannya yang bernama John C. Wharton, seorang confectioner atau penjual permen.

Mereka membuat proyek tersebut bersama-sama, keduanya membuat mesin permen elektronik yang sudah didesain dan juga sudah dipatenkan. Kegunaan mesin ini dapat berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi sehingga dapat melelehkan gula. Gula tersebut dilelehkan dan terus diputar sampai berubah menjadi kapas.

Akan tetapi, meski William telah sukses menciptakan dan banyak menjual permen kapas, dia tidak meninggalkan profesi lamanya sebagai dokter gigi.