Wajib Tahu! Ini 4 Fakta Menarik Durian Si Raja Buah

Wajib Tahu! Ini 4 Fakta Menarik Durian Si Raja Buah

Wajib Tahu! Ini 4 Fakta Menarik Durian Si Raja Buah

anehbeda – Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini, memiliki bau menyengat dan rasa yang sangat lezat membuat durian begitu digemari banyak orang.

Buah berjuluk Raja Buah ini kerap dibandrol dengan harga yang bermacam-macam dari yang murah hingga paling mahal pun akan mudah dijumpai, varian jenisnya pun banyak, seperti durian montong, mentega, Petruk, Candimulyo dan masih banyak lagi.

Suka ataupun tidak, kamu patut mengetahui fakta-fakta unik si raja buah ini. Berikut ini arah.com sajikan 4 fakta unik durian si raja buah dari berbagai sumber.

1. Asal muasal durian

Sebagian besar orang percaya bahwa durian merupakan buah asli Indonesia. Walaupun demikian, sebagian orang mempercayai bahwa buah ini berasal dari Filipina. Dari mana pun asal raja buah ini, yang jelas buah ini asli dari negara di Asia Tenggara eperti Indonesia, Malaysia, Brunei dan Thailand.

2. Memiliki bau busuk, tapi bukan berarti tidak enak

Meskipun banyak orang tidak menyukai bau menyengat buah yang satu ini, namun bukan berarti bahwa daging buah ini tidak lezat. Buat kamu yang belum pernah mencicipi buah ini, pasti kamu beranggapan bahwa rasa buah ini sama seperti baunya. Tapi tunggu dulu, cobalah makan sedikit daging durian, bukan tidak mungkin kamu akan ‘jatuh cinta’ pada kelezatan raja buah ini.

3. Mengapa durian bau?

Ada keanehan yang dimiliki si raja buah ini, baunya yang sangat menyengat seakan tidak mencerminkan rasa buahnya yang sangat lezat itu, lantas apa yang membuat durian begitu bau?

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Jerman menemukan bahwa sekitar 50 persen senyawa yang terkandung di dalam durian bertanggung jawab atas bau yang dihasilkan buah ini.

Yang mengejutkan, 4 senyawa di antaranya tidak pernah ditemukan sebelumnya. Bahkan, 4 senyawa tersebut tidak ditemukan dalam benda lainnya yang terkenal bau, seperti bawang putih, bajing, atau karet yang dibakar. Senyawa itu masih jadi misteri hingga saat ini!

4. Durian memiliki banyak khasiat untuk kesehatan

Raja buah ini ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan walaupun memiliki bau yang sangat aduhai. Durian memiliki nol kolestrol, sehingga cocok untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Buah ini juga kaya akan senyawa asam folat yang diperlukan untuk perkembangan sel-sel darah merah. Lebih dari itu, durian juga diketahui dapat meningkatkan libido untuk para pasutri. atu lagi, buah durian kaya akan karbohidrat yang dapat meningkatkan energi dalam waktu relatif singkat.